MY FIRST DREAM JOB MOMENT

by - September 05, 2017


Saat kita kecil, cita-cita memang selalu berubah. Semua profesi yang diimpikan juga simply karena seru-seruan atau ikut-ikutan saja. But, in the end, we'll gonna meet one crucial moment yang menyadarkan kita pada satu hal yang ingin dilakukan seumur hidup. Orang sebut hal ini sebagai dream job. Untuk aku sendiri, dream job adalah menulis di majalah.


Yup, aku selalu suka dengan dunia majalah.  Pertama kali, aku melihatnya lewat film Devil's Wears Prada (2006) yang diperani bintang The Princess Diaries (2001)Anne Hatheway. Meskipun gambaran yang diperlihatkan di film itu seharusnya agak menakutkan karena adanya peran bos killer, tapi entah kenapa, aku tetap tertarik. Gambaran fashion and beauty serta kota New York di film itu.. I'll be honest, I LOVE IT!



Makanya, aku langsung bikin rencana dan benar-benar berusaha untuk mendapatkan my dream job (I'll share it later). Hasilnya, setelah mendapat berbagai penolakan dari berbagai media majalah di Jakarta, majalah CosmoGIRL! Indonesia akhirnya menerimaku pada 2016. Rasanya, seperti masuk ke dalam scene terakhir film The Pursuit of Happyness (2006). Nggak peduli dengan tingkat posisi yang ditawarkan, yang terpenting, di atas segalanya, pintu terbuka untuk aku menjajaki langkah kaki di jalan yang ingin kujelajahi. Atau kalimat lainnya yang sederhana: yeay, I can build my career here!



Hari-hari kerja di majalah CosmoGIRL! Indonesia sangat menyenangkan! Ada banyak banget hal penting seputar dunia majalah yang akhirnya bisa kupelajari. Mulai dari penulisan artikel di majalah print dan website yang ternyata beda banget, fashion styling and photoshoot, how to link with important influencers, making creative content for digital and many more!

Serunya, aku bisa belajar hal-hal tersebut dengan kondisi lingkungan kerja yang super friendly di CosmoGIRL! IndonesiaYup, para tim redaksi majalah sangat bersahabat, sampai-sampai aku nggak pernah merasa awkward atau harus terpaksa jaim karena gap dunia kerja yang seharusnya ada. Tapi, I'll guarantee it, it doesn't exist at all in CosmoGIRL! Indonesia

Bayangin saja! Hari pertama masuk kerja di CosmoGIRL! Indonesia aku sudah langsung disambut baik oleh para staff. Aku juga nggak pernah merasa di-judge tentang penampilan atau bahkan dipojokkan karena kesalahan-kesalahan seorang penulis baru kala itu. Sebaliknya, para redaktur dan rekan kerja lainnya mengajarku layaknya teman antar teman.

Mereka juga humble memberi aku kesempatan untuk mengerjakan proyek khusus yang bisa saja dinilai terlalu awal untuk seorang writer baru. Diberikan langsung oleh Kak Judithya Pitana, ex-Editor In Chief of CosmoGIRL! Indonesia, aku senang banget bisa dipercaya jadi asistennya mengerjakan campaign Ayo, Baca Buku! October 2016 Issue. Kak Arzia Nuari, Senior Editor of CosmoGIRL! Indonesia juga baik banget kasih kesempatan aku wawancara The Sam Willows, artis mancanegara pertama di hari-hari pertamaku bekerja. Belum lagi, Sarah Sofiana, Editor of CosmoGIRL! Indonesia selalu mendengar masukan ide-ide dan permintaanku ikut kontribusi di beberapa penulisan artikel yang awalnya bukan bagianku. Yup, para editor sangat terbuka menerima masukan, mereka sangat menghargai semangat dan kerja kita.

Itu kenapa, aku jadi terpacu dan termotivitasi untuk rajin, passionate and do my very best selama bekerja di CosmoGIRL! Indonesia. Bisa dibilang, aku jadi cinta tim dan produk CosmoGIRL! Indonesia itu sendiri.

Tapi, bukan berarti semuanya berjalan mulus kayak cerita dongeng anak-anak, ya! Ada kalanya aku merasa berat dengan tumpukan deadline yang bikin aku panik. Aku juga pernah merasa down karena sedikit drama kehidupan majalah yang ending-nya, kurasa sebenarnya biasa-biasa saja. But still, at the moment, it made me quite insecure.



Tapi, itu terjadi sesekali saja. Dibandingkan hal-hal yang bikin down, ada segudang penuh momen yang bikin aku kangen kerja lagi di CosmoGIRL! Indonesia. Yup, I'm no longer working there. A new challenge should be experienced to make me grow bigger and learn better about my dream job. Sebagai hadiah perpisahan, tim CosmoGIRL! Indonesia mengadakan home farewell party untuk aku dan salah satu temanku yang juga ingin mendapat pengalaman baru. Baik, ya! Here are the pict!



So, akhir kata, aku mau bilang kalau CosmoGIRL! Indonesia is a very good place to work for those who are passionate in journalism. Menyenangkan tapi kamu tetap bakal belajar banyak hal penting seputar dunia majalah. The product is also good! So, you should totally read the magazine. Bahkan, aku bukan cuma ex-writer.  I am also a reader ;)


Foto: Dok. Pribadi

You May Also Like

0 comments